Jumat, 13 April 2012

Mengenal Gaya Belajar

Mengenal gaya belajar akan memudahkan kita untuk mengembangkan diri dalam dunia kerja, sekolah, maupun dalam situasi-situasi antar pribadi. Jika kita menyadari bagaimana cara kita dan orang lain mengolah informasi, kita tentunya dapat mengolah berbagai informasi dengan baik. Saat ini telah banyak buku-buku yang membahas tentang gaya belajar. Salah satu buku yang menarik adalah Quantum Learning yang ditulis oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki. 
         Pada umumnya, gaya belajar seseorang terbagi atas tiga kelompok yaitu gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik yang nantinya akan dibahas nanti. Gaya belajar visual adalah gaya belajar dengan melihat, gaya belajar auditorial adalah gaya belajar dengan melihat, dan gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar dengan bergerak atau menyentuh sesuatu. 


Ketika merangkai sesuatu, cara manakah yang anda sukai?
Banyak ciri perilaku lain merupakan petunjuk kecenderungan belajar anda. Ciri-ciri berikut ini akan membantu anda menyesuaikan dengan modalitas belajar anda yang terbaik.

  1. Orang-orang visual : rapi dan teratur, berbicara dengan cepat, perencana dan pengatur jangka panjang yang baik, teliti, mementingkan penampilan, pengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka, mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar, mengingat dengan asosiasi visual, biasanya tidak terganggu oleh keributan, mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali tidak ditulis, pembaca cepat dan tekun, lebih suka membaca daripada dibacakan, membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum secara mental merasa pasti tentang suatu masalah atau proyek, lupa menyampaikan pesan verbal pada orang lain, sering menjawab pertanyaan dengan jawaban yang singkat, lebih suka melakukan demonstrasi daripada pidato, lebih suka seni daripada musik, sering kali mengetahui apa yang harus dikatakan tapi tidak pandai memilih kata-kata, kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika ingin memperhatikan.
  2. Orang-orang auditorial : berbicara kepada diri sendiri saat bekerja, mudah terganggu oleh keributan, menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca, senang membaca dengan suara keras, dapat mengulangi dan menirukan nada, merasa kesulitan menulis, berbicara dalam irama yang terpola, biasanya pembicara yang fasih, lebih suka musik daripada seni, belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada dilihat, suka berbicara dan berdiskusi, lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya.
  3. Orang-orang kinestetik : berbicara dengan perlahan, menanggapi perhatian fisik, menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka, berdiri dekat ketika berbicara dengan orang, selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, mempunyai perkembanganawal otot-otot yang besar, belajar melalui manipulasi dan praktik, menghafal dengan cara berjalan dan melihat, menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca, tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama, ingin melakukan segala sesuatu, menyukai permainan yang menyibukkan.

Bagaimana anda mengolah informasi?
Dalam tulisan berikutnya, saya akan membagikan dari tes gaya belajar Bobbi DePorter & Mike Hernacki.untuk mengenali bagaimana kita mengolah informasi dan memudahkan kita untuk belajar efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar